Ide  

Polres Payakumbuh Punya Taman Pangan Terpadu

taman pangan terpadu
kunjungan Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, MH bersama Pejabat Utama Polda Sumbar ke Polres Payakumbuh

HALOPADANG.ID–Untuk menjaga ketahanan pangan ditengah pandemi Covid-19, Polres Payakumbuh di bawah pimpinan Kapolres AKBP Dony Setiawan, S.Ik membangun Taman Pangan Terpadu.

Memanfaatkan lahan yang kosong di seputaran Mako Polres Payakumbuh, AKBP Dony membuat dan mengintegrasikan lahan yang kosong menjadi sebuah lahan pertanian, perikanan hingga peternakan.

Taman Pangan Terpadu Polres Payakumbuh ini, terletak di belakang ruangan Kapolres.Berbagai tanaman pertanian kebutuhan pokok tersedia di taman tersebut seperti tomat, kol, sawi, bawang merah, terong, cabai dan jeruk. Kemudian juga ada kolam kecil yang dibuat dari drum plastik yang berisikan lele, dan terdapat peternakan ayam petelur.

Saat kunjungan Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Toni Harmanto, MH bersama Pejabat Utama Polda Sumbar ke Polres Payakumbuh tadi siang, Rabu (17/6), Kapolda didampingi Kapolres Payakumbuh langsung melihat inovasi Taman Pangan yang dibangun oleh AKBP Dony Setiawan.

Dalam kesempatan itu, Kapolda Sumbar yang mengapresiasi kinerja Kapolres Payakumbuh dalam menjaga ketahanan pangan ini, juga menikmati hasilpanen dari Taman Pangan Terpadu tersebut.

Selain itu, dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke 74, hasil panen ini juga dibagikan kepada beberapa perwakilan masyarakat yang terkena dampak ekonominya akibat Covid-19.

Terpisah, Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan mengatakan, dibangunnya Taman Pangan Terpadu ini selain untuk penghijauan, juga untuk membantu menjaga ketahanan pangan ditengah pandemi Covid-19 yang saat ini tengah melanda.

“Dengan adanya Taman Pangan, kita berharap bisa membantu dan meringankan masyarakat yang terkena ekonomi akibat pandemi virus corona. Dimana hasil panen ini kita berikan kepada masyarakat,” katanya.

Dikatakan, selain di Polres Payakumbuh, AKBP Dony Setiawan juga mengajak seluruh personel dijajarannya untuk bersama-sama ikut menjaga ketahanan pangan dengan memanfaatkan lahan yang ada disekitar tempat tinggalnya.

Dalam meninjau Taman Pangan Polres Payakumbuh ini juga dihadiri oleh Gubernur Sumbar irwan Prayitno dan Danrem 032/WBR Brigjen TNI Arif Gajah Mada.(R-01/rel)