Mirip Tawuran, Perang Batu Militer China dan India Tewaskan 20 Orang

Mirip Tawuran, Perang Batu Militer China dan India, 20 Orang Tewas

HALOPADANG.ID — Di kawasan pegunungan Himalaya hari Selasa lalu (16/6/2020), dua negara dengan penduduk terbesar di dunia saat ini, yakni China dan India terlibat konflik dengan tentara mereka saling menyerang menggunakan batu.

Meski tanpa senjata, bentrokan tentara tetap memakan korban, paling sedikitnya 20 orang dilaporkan tewas.

Tentara dari kedua belah pihak yang menjaga perbatasan pernah terlibat dalam konflik perbatasan sebelumnya, namun korban yang tewas minggu lalu merupakan korban fatal pertama sejak tahun 1967.

Kedua negara China dan India sebenarnya sama-sama memiliki senjata nuklir dan sudah lama keduanya terlibat sengketa soal di mana tepatnya garis perbatasan kedua negara di pegunungan Himalaya.

Konflik perbatasan sudah beberapa kali terjadi selama 30 tahun terakhir, dengan pembicaraan tidak berhasil mencapai kesepakatan.

tahun 1996, India dan China menandatangani perjanjian damai LAC, yang menyebutkan “kedua belah pihak tidak akan menggunakan kekuatan miiliter” dalam konflik perbatasan.

Sesuai dengan kesepakatan, para pakar mengatakan tentara dari kedua negara kemudian menggunakan senjata lain termasuk tangan, batu, kayu yang dipasang paku atau kawat berduri.

Dalam bentrokan yang terjadi hari Selasa, militer India mengatakan 20 tentaranya tewas dan 17 mengalami luka berat.

“Mereka menyerang dengan batangan besi, perwira komandan mengalami cedera serius dan jatuh, dan ketika terjadi, lebih banyak tentara tiba di lokasi kejadian dan diserang dengan batu,” kata sumber pemerintah India kepada Reuters.

Dr Zhang mengatakan penggunaan senjata non-militer menggambarkan keinginan kedua pihak guna “menghindari kemungkinan situasi di sana berkembang menjadi konflik militer”.

Walau pejabat China tidak menjelaskan apakah ada korban di pihak mereka, editor tabloid milik pemerintah “The Global Times” lewat akun Twitter-nya mengatakan tentara mereka juga tewas dalam bentrokan tersebut.(002/ABCNews)