Pilkada, KPU Pariaman Tambah 19 TPS

kpu
KPU

HALOPADANG.ID–Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman, menambah 19 Tempat Pemungutan Suara (TPS) sehingga jumlah tempat pemilih memberikan suara di daerah itu untuk menjadi 178 TPS.

“Kami melakukan penambahan TPS, karena sekarang ini pandemi Covid-19 sehingga regulasi terkait TPS pada Pilkda 2020 ini juga berubah,” kata Ketua KPU Kota Pariaman Aisyah di Pariaman, Rabu (17/6).

Aisyah mengatakan pada regulasi sebelumnya jumlah pemilih maksimal di setiap TPS 800 orang. Namun sekarang yang diperbolehkan hanya 500 orang yang hal tersebut untuk menyesuaikan standar protokol Covid-19.

“Untuk itu terjadi penambahan 19 TPS itu menjadi 178 TPS yang akan kita persiapkan untuk pilkada mendatang,” ujarnya.

Dengan adanya penambahan TPS tersebut maka jumlah Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) serta Linmas juga akan bertambah.

“Setiap TPS ada sembilan orang petugas yang terdiri dari delapan orang anggota KPPS dan satu Linmas,” katanya.

Ia menyampaikan saat pemungutan suara pun pihaknya juga menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yaitu dengan menetapkan jarak dan menyediakan tempat cuci tangan atau hand sanitizer.

Selain itu, lanjutnya pihaknya juga mengupayakan lokasi TPS pemilih sama dengan anggota keluarganya yang tujuannya agar tidak terjadi salah tempat pemilihan.

“Jadi dalam satu kepala keluarga harus sama TPS-nya,” ujarnya.

Saat ini KPU Kota Pariaman telah mengaktifkan 20 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan serta 213 anggota Panitia Pemungutan Suara guna dipersiapkan untuk verifikasi faktual calon perseorangan di daerah itu yang dilaksanakan pada 24 Juni.

Sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat akan menambah 1.300 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam Pilgub Sumbar yang akan digelar di tengah pandemi COVID-19.

Ketua KPU Sumatera Barat Amnasmen, mengatakan normalnya dalam Pilgub Sumbar akan ada 11.380 TPS namun karena ada pembatasan jumlah pemilih di setiap TPS dari 800 orang menjadi 500 orang sehingga dilakukan penambahan.

“Kami rencanakan ada penambahan 1.300 TPS lagi sehingga total TPS di Sumbar dalam Pilgub nanti menjadi 12.680 TPS,” kata dia.(W-01).