Kenormalan Baru, Kebun Binatang Bukittinggi Ramai Pengunjung

kebun binatang
Kebun binatang bukittinggi (dok)

HALOPADANG.ID–Sejak dibukanya kembali objek wisata berbayar di Kota Bukittinggi, tingkat kunjungan wisatawan ke Taman Marga Satwa Budaya Kinantan (TMSBK) atau yang sering disebut kebun binatang terus meningkat, terutama sejak diberlakukannya promo gratis tiket masuk bagi anak-anak.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparora) Bukittinggi Suapadria, melalui Kabid TMSBK Ikbal mengatakan, sejak kebun binatang dibuka kembali pada 31 Mei lalu, kunjungan wisatawan ke TMSBK hingga saat ini terus meningkat, dengan jumlah kunjungan sudah mencapai 20 ribu pengunjung.

Peningkatan kunjungan juga dirasakan sejak digratiskannya tiket masuk ke TMSBK bagi anak anak usia 0-12 tahun, yang dimulai dari 13 Juni dan berakhir pada 19 Juni 2020.

“ Sejak 13 Juni lalu, seluruh objek wisata berbayar di Bukittinggi digratiskan untuk anak-anak usia 0-12 tahun. Alhamdulillah selama promo gratis tersebut, tingkat kunjungan di TMSBK meningkat hingga 60 persen,” kata Ikbal, Selasa (16/6).

Menurut Ikbal, dengan adanya promosi yang diberlakukan sejak 13 Juni hingga 19 Juni, memang dimanfaatkan oleh para orang tua dan wisatawan untuk membawa anak-anak mereka untuk berkunjung ke TMSBK. Pengunjung yang datang masih didominasi wisatawan lokal dari berbagai daerah di Sumbar.

Namun demikian, jika dibandingkan dengan tingkat kunjungan sebelum pandemi covid-19, tingkat kunjungan dimasa kenormalan baru saat ini memang masih belum maksimal.

“Untuk itu kami berharap dengan adanya promo gratis tiket masuk ini, tingkat kunjungan dapat kembali meningkat, dan TMSBK menjadi objek wisata yang dirindukan. Sejak kenormalan baru memang seluruh pengunjung di objek wisata diwajibkan mematuhi protokol kesehatan penanganan covid-19, baik bagi anak anak maupun orang tua yang ingin masuk objek wisata. Seperti wajib pakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan sebelum masuk, dan pemeriksaan suhu tubuh,” ujar Ikbal.

Lebih lanjut Ia mengatakan, keputusan untuk mengratiskan biaya masuk objek wisata ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah daerah terhadap anak-anak yang hampir selama ini tinggal dirumah, dan belajar dari rumah akibat pandemi Covid-19. Sehingga ada kejenuhan bagi anak-anak selama berada dirumah tersebut.

Untuk mengobati kejenuhan anak-anak tersebut, maka Pemko Bukittinggi memberikan promo tiket masuk gratis bagi anak-anak 0-12 tahun mulai dari 13 hingga 19 Juni 2020. Dengan syarat wajib mematuhi protokol kesehatan pencegahan covid-19 sebelum masuk objek wisata.

“Kami di TMSBK selalu mengontrol dengan ketat aturan protokol kesehatan Covid-19. Hal ini penting dilakukan untuk pencegahan penyebaran Covid-19,” ungkapnya. (h/tot)