Cek Kesiapan Kenormalan Baru, Kapolda Sumbar Bersepeda dari Padang ke Pariaman

kapolda
Rombongan Kapolda, Irjen Pol Toni Harmanto dengan jajaran Polda Sumbar Gowes dengan menggunakan Sepeda, dari Kota Padang ke Kota Pariaman, dan rombongan ini disambut langsung oleh Wali Kota Pariaman, Genius Umar di Pantai Gandoriah, Minggu (7/6).

HALOPADANG.ID–Kapolda (Kepala Kepolisian Daerah) Sumatera Barat (Sumbar), Irjen Pol Toni Harmanto, tinjau kesiapan Pariwisata Kota Pariaman memasuki fase kenormalan baru yang mulai diberlakukan pada Senin (8/6) untuk daerah Sumbar dan Kota Pariaman.

Rombongan Kapolda datang bersama dengan jajaran Polda Sumbar dengan menggunakan sepeda dari Kota Padang ke Kota Pariaman. Rombongan ini disambut langsung oeh Wali Kota Pariaman, Genius Umar di batas kota, jembatan Sunur, Kecamatan Pariaman Selatan, dan ikut bersepeda sampai ke Pantai Gandoriah, Minggu (7/6).

Irjen Pol Toni Harmanto mengatakan, untuk Sumatera Barat, Polda Sumbar beserta jajaran siap mendukung penuh skenario kenormalan baru, dengan tujuan memberi ruang aktifitas roda perekonomian, dengan tujuan bangkit kembali.

“Kami mendukung sepenuhnya kebijakan pak presiden dengan konsep kenormalan baru, karena setelah ditutup selama wabah Covid-19 dan pemberlakukan PSBB, aktifitas roda perekonomian harus kembali berjalan. Di Kota Pariaman ini sebagai daerah tujuan wisata dan pergerakan ekonomi, saya rasa cukup siap untuk memasuki kenormalan baru nanti,” ujarnya.

Jenderal Bintang Dua ini juga menyebu bahwa Polda Sumbar siap kerahkan 6.000 orang lebih personel, untuk mengawal skenario kenormalan baru nantinya.

“Karena kami menyadari, wabah virus corona ini masih cukup tinggi untuk Provinsi Sumbar, dan kami akan menertibkan dan mendisiplinkan protokol kesehatan yang sudah ditetepkan pemerintah,”ucapnya.

“Seperti arahan Pemerintah pusat, dimana mereka akan melaksanakan skenario New Normal untuk 4 daerah percontohan, dimana beberapa daerah tersebut adalah : Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Sumatera Barat, dan Provinsi Gorontalo,” tuturnya menambahkan.

Sementara itu Wali Kota Pariaman Genius Umar yang juga didamping Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman, Mulyadi, Sekretaris LKAAM Kota Pariaman, Priyaldi, Kepala OPD, Kabag dan Camat yang turut bersepeda, mengapresiasi atas kegiatan gowes yang rombongan Kapolda Sumbar lakukan dengan memilih Kota Pariaman sebagai daerah tujuanya.

“Kami mengapresiasi dan berterimakasih sekali kepala pak Kapolda dan jajaran Polda Sumbar yang datang dengan bersepeda ke Kota Pariaman, hal ini membuktikan bahwa Kota Pariaman dengan visi Pariwisatanya memang menjadi dayatarik tersendiri untuk berkunjung ke Kota yang terkenal dengan kulinernya yang enak sekali ini,” ungkapnya.

Genius juga mengatakan bahwa beberapa hari sebelumnya (jum’at), Danrem 032 Wirabraja, Kolonel Inf Arif Gajah Mada beserta jajaranya juga melaksanakan Gowes dari Kota Padang ke Kota Pariaman serta menikmati beberapa destinasi wisata pantai yang ada di Kota Pariaman.

“Dengan Visi “Pariaman Kota wisata, perdagangan, jasa yang religius dan berbudaya”, kita akan terus menjadikan Kota Pariaman sebagai tujuan wisata, agar ramai orang untuk berkunjung kesini, dan Kota Pariaman menyatakan siap untuk menerapkan New Normal yang akan dimulai besok oleh bapak Gubernur Sumbar,”katanya.

Memasuki Fase New Normal nanti, Kota Pariaman akan mulai membuka aktivitas keagamaan di Mesjid/Musholla/Surau, aktifitas kerja di perkantoran, aktifitas pasar/pusat pertokoan, aktifitas pariwisata, aktifitas hotel, aktifitas pekerjaan konstruksi, aktivitas sosial budaya, aktivitas rumah makan/kuliner, aktifitas angkutan umum, aktifitas belajar di lingkungan sekolah, aktifitas berkendar baik mobil dan sepeda motorm serta pembuatan Posko di perbatasan dan Pos Pantau di setiap Kecamatan nantinya.

“Walaupun semua sudah kami buka, tetapi kita mesti tetap melaksanakan protokol kesehatan seperti dengan kewajiban memakai masker, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer serta tetap menjaga jarak aman atau Phisycal Distancing,” tutur Genius.(R-01/rel)