Danau Ajaib di Dunia itu Ternyata Berada di Kamang Mudiak Agam

Danau Tarusan di Nagari Kamang Mudiak, Agam

HALOPADANG.ID — Danau (Telaga) Tarusan Kamang merupakan tempat wisata menarik yang ada di kabupaten Agam. Lokasinya di Jorong Babukik dan Jorong Halalang, Nagari Kamang Mudiak, Kecamatan Kamang Magek di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Masyarakat sekitar lebih sering menyebutnya dengan Talago Tarusan.

Danau ini sangat ajaib. Karena suatu waktu dapat dipenuhi air. Di lain waktu danau dapat surut dan menjadi lapangan hijau yang luas, seperti padang rumput. Beberapa warga memakai tempat ini untuk menggembalakan ternak jika danau berubah menjadi padang rumput.

Saat menjadi danau, masyarakat memanfaatkannya untuk rekreasi, berenang, atau mencari ikan. Bahkan kita dapat berkeliling danau dengan menggunakan perahu. Buat yang suka fotografi, juga bisa berfoto di tempat yang Instagramable di sekitar Danau Tarusan Kamang.

Danau Ajaib di Dunia itu Ternyata Berada di Kamang Mudiak Agam 1

Lalu mengapa Telaga tarusan Kamang bisa ajaib seperti itu? Beberapa peneliti mengatakan bahwa fenomena ini terjadi karena adanya hubungan sungai bawah tanah yang menyebabkan air dapat datang dan menghilang.