Pemprov Sumbar Siapkan 200 Miliar Tangani Corona, Tenaga Medis Diberi Insentif

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit

HALOPADANG.ID Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menyebutkan, semua tenaga medis yang menjadi garda terdepan menghadapi wabah Coronavirus Disease (Covid-19) di Ranah Minang, akan diberikan insentif.

“Yang jelas, kita harus bantu mereka. Karena, mereka butuh asupan gizi yang cukup. Dan ini, kerjanya memang ekstra luar biasa. Kita tetap akan berikan insentif kepada mereka,” kata Nasrul, Kamis 2 April 2020.

Untuk besaran jumlah insentif yang akan diberikan kata Nasrul Abit, saat ini sedang dihitung di Badan Keuangan Daerah. Tentunya, mengacu kepada standar dari pemerintah pusat.

“Kita sudah siapkan total anggaran untuk penanganan Covid-19 ini. Untuk sementara ini Rp200 miliar. Nah, itu di dalamnya sudah termasuk insentif untuk tenaga kesehatan,”ujar Nasrul.

Menurutnya, meski sudah ada standar dari pemerintah, namun pihaknya juga berkoordinasi dengan manajemen rumah sakit. Berapa kira-kira besaran yang sesuai untuk diberikan.

“Kalau seandainya yang bersangkutan hanya seminggu bertugas, dapatnya berapa. Kalau per bulannya, itu kan sudah jelas. Yang jelas, kita akan bantu mereka tenaga kesehatan ini,” tambah dia.

Selain itu, Nasru juga memastikan bahwa seluruh tenaga kesehatan yang bertugas, juga disiapkan penginapan khusus. Mereka akan diinapkan di dua tempat yakni, SMK 9 dan SMK 6.

“Untuk sementara ini, ada dua tempat. SMK 9, mereka hotelnya juga standar bintang Tiga. Dan SMK 6. Itu tempat tidur sekitar 60-an. Smk 6 sudah terisi. SMK 9 belum. Tapi, sudah kita siapkan,” tutupnya. (HP-002)