Sumbar Catatkan Kematian Pertama Pasien Akibat Covid-19

Halopadang – Satu dari tujuh pasien positif terinfeksi virus corona penyebab Covid-19 di Sumbar yang tercatat hingga Jumat 27 Maret 2020, dinyatakan meninggal dunia hari ini di Kota Padang, Sabtu (28/03/20) pagi.

Ketua Harian Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Padang, Barlius menyebutkan, pasien berjenis kelamin perempuan dan baru dinyatakan positif Covid-19 pada Jumat malam (kemarin).

“Warga Kota Padang, kebetulan masih dirawat di Semen Padang Hospital. Tapi bukan yang tenaga medis SPH itu, yang satu itu masih dirawat di rumah sakit rujukan,” sebut Barlius.

Barlius menyebutkan, saat ini jenazah tengah proses penyelenggaraan sesuai standar operating procedure (SOP) khusus jenazah pasien Covid-19. Mulai dari dimandikan, disalatkan, dimakamkan, hingga diantar ke pemakaman.

“Jadi nanti tinggal dimakamkan. Kafannya tidak boleh dibuka lagi. Sesuai SOP yang berlaku,” sebutnya lagi, dikutip dari langgam.

Beredar informasi, pasien tersebut belum sempat dirujuk ke salah satu rumah sakit khusus penanganan pasien Covid-19 di Sumbar karena rumah sakit terdekat, RSUP Dr. M. Djamil, dalam keadaan penuh atau overload. Sementara, status pasien baru dipastikan positif setelah keluarnya hasil cek spesimen swab sehari sebelum dinyatakan meninggal dunia. (hp/jip)