Posbindu Mandiri Resmi Dibuka, IAD Peduli Lansia

Posbindu Mandiri Resmi Dibuka, IAD Peduli Lansia
Pos bindu lansia IAD resmi dibuka

PADANG, HALOPADANG – Peduli Lansia, Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Sumatera Barat (Sumbar) buka Pos Bindu Mandiri. Bagi anggota IAD yang sudah lansia, saat ini sudah bisa memeriksakan kesehatan berkala di pos bindu yang sudah disediakan.

Ketua IAD Eliana Amran pada Haluan, Minggu (1/3) menuturkan, pos bindu mandiri baru saja diresmikan dalam waktu dekat ini. Saat peresmian, anggota IAD sudah banyak yang memeriksakan kesehatan melalui dokter kesehatan dari Puskesmas Padang Pasir.

“Para lansia dari IAD saat ini sudah bisa memeriksakan kesehatan khususnya bagi penyakit tidak menular. Kami dibantu oleh para dokter dari Puskesmas Padang Pasir,” terang Eliana.

Eliana menuturkan, ke depan setiap satu kali dalam sepekan pos bindu akan dibuka dengan pemeriksaan penyakit yang berbeda. Mulai dari pemeriksaan gula darah, kolesterol, hipertensi, berat badan, diabeter, dan penyakit lainnya.

“Tujuan kami supaya lansia dari anggota IAD ini tetap sehat dan terjaga perkembangan kesehatannya. Apalagi yang memiliki masalah penyakit tentu kami pantau terus melalui pos bindu yang telah tersedia,” tambah Eliana.

Sementara, Kepala Puskesmas Padang Pasir Winanda mengatakan bahwa setiap pertemuan pada kegiatan juga langsung diberikan sosialisasi ataupun penyuluhan terhadap lansia. Supaya pengetahuan dan keluhan dalam kesehatan bisa diatasi secara cepat.

“Karena pos bindu ini baru saja digagas, maka saat ini masih proses perencanaan program kerja kedepannya. Namun, yang jelas, ketua IAD sudah mengatakan bahwa setiap minggunya kami akan memeriksakan kesehatan bagi lansia,” kata Winanda.

Saat pembukaan, para dokter langsung melakukan pemeriksaan awal, mulai dari berat badan, ukur tensi, cek gula darah dan pengarahan makanan seimbang. (win)

Teks foto: Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Sumbar resmikan posbindu mandiri. Posbindu tersebut akan hadir setiap minggunya untuk memeriksa kesehatan para lansia di lingkungan IAD Sumbar.WINDA