Kejati Sumbar: Jadilah Generasi Penerus Qurani

Kejati Sumbar: Jadilah Generasi Penerus Qurani
Teks foto: Usai menyambangi wisuda tafiz di Agam, Kepala Kejati Sumbar Amran kunjungi kejari tanah datar, Sabtu (29/2). IST

PADANG, HALOPADANG – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Barat (Sumbar) Amran menyambangi rumah tafiz dan kursus Bahasa Arab Lillahi Ta’ala di Jorong Ujuang Guguak Nagari Padang Tarok Kecamatan Baso Kabupaten Agam Sabtu (29/2). Kunjungan tersebut juga didampingi oleh Kajari Pariaman, Kajari Payakumbuh, Kajari Tanah Datar dan Bupati 50 Kota.

Pada kesempatan tersebut, orang nomor satu di Kejaksaan Sumbar mengapresiasi pelaksanaan wisuda angkatan I juz 30 dan penampilan pidato bahasa Arab santri yang ditampilkan Anak-anak rumah tafiz Jorong Guguak Nagari.

“Jadilah Generasi-generasi penerus yang Qur’ani dan berahlakul karimah.
Harapan kita bersama semoga kiranya masa mendatang anak-anak kita tetap mencintai alqur’an dan aqidah islam sebagai jati diri mereka,” ujar Amran yang didampingi oleh ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Eliana Amran, Asbin Dwi Antoro beserta istri, sam Kabag TU Burhaini.

Sebelumnya, Mantan Kepala Pusat Diklat (Kapusdiklat) Management dan Kepemimpinan Badan Diklat Kejagung RI itu menyampaikan maaf atas belum sempat hadirnya Wakil Jaksa Agung yang sekiranya dapat hadir dalam kegiatan ini.

“Rencananya yang akan menhadiri kegiatan ini yaitu Wakil Kejaksaan Agung Arminsyah, namun beliau berhalangan hadir. Saya menyampaikan permohonan maaf atas ketidakhadirannya,” ujar Amran.

Ia menyebutkan, anak-anak yang telah diwisuda inilah yang akan menjadi calon yang akan membawa orangtuanya ke surga dan jadi calon imam untuk generasi yang akan datang.

“Mereka inilah yang akan menjadikan Al-Quran sebagai pedoman hidup mereka. Meyakini kebenaran Al-Quran, membaca, menghafal dan memamahinya dengan benar dan baik. Tidak hanya itu, mereka jugalah yang akan mengamalkannya dalam seluruh aspek kehidupan,” sebut Alumni Universitas Islam Riau Pekabaru tersebut.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Bupati 50 Kota Irfendi Arbi, Wakil Bupati Agam Irwan Fikri, Kanwil Departemen Agama Sumbar Hendri dan juga Ninik Mamak, Alim Ulama, Cerdik Pandai serta Bundo kanduang.

Dihari yang sama, Kajati Sumbar dan rombongan juga bergerak melakukan kunjungan ke Kantor Cabjari Payakumbuh di Suliki Kabupaten 50 Kota.

Pucuk Pimpinan tertinggi Kejaksaan Sumbar itu, melihat semua ruangan kantor cabjari sambil memberikan arahan dan petunjuk untuk lebih baik kedepannya.

“Saya menekankan tentang perlunya registrasi keluar dan masuknya BB (Barang Bukti) dari ruang barang bukti terutama perkara narkotika untuk keperluan persidangan. Disamping itu kepada semua jajaran agar menjaga disiplin kerja, mempererat hubungan. Silaturahmi dan kekompakan, jaga marwah dan nama baik institusi kita,” pungkas Alumni SMAN 2 Pekanbaru itu.

Sehari sebelumnya, Kajati Sumbar juga melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Tanah Datar dan disambut langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Tanah Datar Hardijono Sidayat
beserta para Kasi dan Jajaran Kejari Tanah Datar, Rombongan juga sejenak menikmati keindahan eksotik keindahan alam dan menikmati secangkir kopi kawa daun di desa terindah Nagari pariangan Kecamatan Pariangan. (win)