Program Bedah Rumah di Dharmasraya, Andre Rosiade Kian Nyata Wujudkan Bakti

HALOPADANG.ID -Anggota DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade terus berbagi program dengan masyarakat Sumbar. Teranyar, program bedah rumah bertema BSPS (bantuan stimulan perumahan swadaya) mulai digulirkan di Kabupaten Dharmasraya. Puluhan warga mendapatkan program merehab rumah tidak layak huni menjadi layak huni ini.

Senin (20/9), digelar penyerahan buku tabungan (Serbutab) penerima BSPS untuk Kabupaten Dharmasraya. 25 penerima begitu senang, karena sudah lama menanti rumah mereka diperbaiki. Program ini dinilai sangat cocok untuk mereka yang rumahnya sudah tak layak lagi.

Serbutab dilaksanakan di Aula Kantor Wali Nagari Sialang Gaung yang juga turut dihadiri Wali Nagari Sahrial Wali. Juga ada Rosandi Sanjaya, anggota DPRD Dharmasraya yang juga Ketua DPC Gerindra Dharmasraya. Serta perwakilan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Dharmasraya, Bank BNI Capem Koto Baru dan Satker Perumahan Wilayah Sumatra.

Wakil Ketua DPC Partai Gerindra Dharmasraya Juna Sumawan mengatakan, program ini merupakan aspirasi Andre Rosiade selaku anggota DPR RI Fraksi Partai Gerindra. Penerima Program ini adalah masyarakat yang telah lolos verifikasi dari dinas terkait. “Tahun 2021 Dharmasraya mendapat 25 rumah, dan semoga bisa bertambah tahun depan,” ujar Juna.

Katanya, bantuan bedah rumah ini tersebar di Nagari Tebing Tinggi, Siguntur, Sitiung, Sungai Duo, Koto Padang, Tiumang, Koto Baru, dan Sialang Gaung. “Kami bersama tim Kementerian telah memastikan rumah-rumah yang akan dibedah sangat layak,” kata staf Andre Rosiade di Dharmasraya itu.

Wasmi mewakili penerima bantuan mengucapkan terima kasih kepada Andre Rosiade atas kebaikan beliau yang telah memperjuangkan bantuan ini. “Beliau waktu kampanye hadir di nagari kami. Alhamdulillah setelah duduk tidak melupakan kami,” ujar Wasmi.

PPK Rumah Swadaya Satker Penyediaan Perumahan Sumbar Mardianto mengatakan, Serbutab atau serah terima buku tabungan adalah langkah awal dimulainya pekerjaan rehab rumah. Dia mengakui, program di Sumbar ini adalah bagian dari aspirasi dari anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade.

“Pak Andre Rosiade dengan serius memperjuangkan programnya untuk Sumbar. Selain itu, pesan Pak Menteri di tengah pandemi, kita masih bisa memberikan program adalah sesuatu yang berkah. Tentu ini adalah campur tangan Allah,” katanya.

Mardianto ingin, rumah yang dibantu ini selesai dan bisa dihuni. “Jangan sampai rumah dibedah malah yang punya ngontrak karena tak tuntas. Kami akan kawal dari pembelian bahan material sampai tuntas. Utamakan tukang setempat, bukan tukang dari luar,” katanya.

Sementara itu Andre Rosiade berterima kasih atas bantuan semua pihak yang membuat program ini sampai ke masyarakat. Baik itu dari Kementerian, Dinas Kabupaten, sampai tim survei dan juga pihak bank. “Kami akan terus memperjuangkan program-program yang bisa menyentuh langsung masyarakat seperti ini,” kata Andre Rosiade yang juga ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini. (HP-001)