Menteri Trenggono Sebut Kedatangan ke Sumbar Karena Andre Rosiade

HALOPADANG.ID – Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengunjungi Sumbar, Rabu (2/6). Dia mendarat sekitar pukul 08.30 di VIP Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Batang Anai Padangpariaman. Mantan Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) ini mengatakan, kedatangannya ke Sumbar karena diundang oleh anggota DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade.

“Bulan lalu pak Andre Rosiade datang ke kantor kami bersama sembilan Bupati dan Wali Kota menyampaikan program-program kelautan dan perikanan di Sumbar. Program-program yang bisa kita kerja samakan, baik dari daeran maupun program-program dari KKP,” kata Trenggono kepada wartawan di VIP BIM.

Yang jelas, kata Menteri Trenggono, akan banyak yang bisa dikerjasamakan KKP dengan Kabupaten/Kota di Sumbar. “Terima kasih pak Andre Rosiade yang telah membawa para kepala daerah di Sumbar ke KKP dan sekarang kita akan mulai jajaki kerja samanya. Kami datang untuk mengecek langsung apa yang bisa kita bantu,” katanya.

Untuk pertama, katanya, dia mendatangi Bungus Teluk Kabung (Bungtekab) Kota Padang mengunjungi Pelabuhan Bungus, juga budidaya kerapu nelayan. Dia ingin melihat secara langsung, karena semua punya nilai ekonomi yang tinggi. Sesuai dengan dengan program terobosan KKP dan bisa berorientasi ekspor.

“Kedua, kami meninjau budidaya perikanan di kampung nelayan. Seperti kampung gurami dan kampung nelayan. Kami minta kepala dinas dan Dirjen di KKP untuk berkomunikasi intensif. Agar program-program bisa dikerjasamakan. Sesuai dengan rencana KKP untuk peningkatan ekonomi masyarakat, baik perikanan tangkap ataupun perikanan air tawar,” kata Trenggono.

Menteri Trenggono ingin, para nelayan dan pembudidaya ikan air tawar di Sumbar memiliki kesejahteraan yang baik. Sehingga tingkat kemiskinan di kalangan nelayan dan pembudidayaan ikan ini berkurang.

“Meski saya lihat jauh-jauh jaraknya di Kabupaten/Kota di Sumbar ini, saya akan datangi satu per satu,” katanya. (HP-001)