Elkan Baggott Urung Tampil Memperkuat Timnas ke Ajang Kualifikasi Piala Dunia

HALOPADANG.ID — Jelang laga ujicoba menghadapi Afganistan pada Selasa (25/5/2021), PSSI merilis salah satu anak asuh Shin Tae-Yong (STY) Tak bisa bergabung ke Dubai, Uni Emirat Arab, yakni Elkan Baggott. Tak hanya melawan Afganista, pemain naturalisasi ini juga dipastikan tak memperkuat merah putih pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

Saat ini, skuad Garuda sedang melakoni pemusatan latihan (TC) di Dubai dari tanggal 17 Mei lalu hingga berlangsungnya Kualifikasi Piala Dunia 2022 grup G yang dimulai 3 hingga 14 Juni mendatang. “PSSI sudah berkomunikasi dengan Elkan Baggott, ia menyatakan bahwa tidak dapat bergabung bersama timnas Indonesia untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Dubai,” kata Yunus Nusi di situs resmi pssi.

“Klubnya (Ipswich Town) sebenarnya sudah memberikan jawaban kepada PSSI bahwa Elkan Baggott akan bergabung bersama timnas Indonesia pada 31 Mei, namun yang bersangkutan tidak bisa berangkat. Menurut Elkan bahwa Dubai termasuk zona merah pandemi Covid-19. Ia pun harus menjalani karantina apabila kembali ke Inggris. Dan klubnya sudah melakukan persiapan pra musim mulai awal Juni mendatang. Terkait hal ini kami sudah berkomunikasi dengan pelatih Shin Tae-yong,” tambah Yunus Nusi.

Sebelumnya PSSI sudah membelikan tiket penerbangan London ke Dubai kepada Elkan Baggott pada tanggal 31 Mei mendatang, tepatnya seusai Ipswich Town membalas surat PSSI. Namun usai dibelikan tiket, Elkan memberitahu bahwa dirinya tidak dapat ke Dubai, UEA.

Elkan Baggott bukan satu-satunya pemain Indonesia di luar negeri yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong. Terdapat empat pemain lainnya, yakni Asnawi Mangkualam (Korea Selatan), Egy Maulana (Polandia), Witan Sulaeman (Serbia), dan Ryuji Utomo (Malaysia).

Belum lama ini Elkan tampil memperkuat Ipswich Town U-18 di babak semi final FA Youth Cup 2021 melawan Liverpool, Kamis (13/5). Elkan Baggott bermain selama 90 menit. Tapi Ipswich Town U-18 terhenti langkahnya usai menelan kekalahan 1-2.

Pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022, Evan Dimas dan kawan-kawan akan menjalani tiga laga melawan Thailand (3 Juni), lalu Vietnam (7 Juni), dan terakhir UEA (11 Juni). Selain itu juga dua laga uji coba melawan Afghanistan pada 25 Mei dan Oman pada 29 Mei.(HP-001)