Ventilator RSUP M Djamil Terus Dilengkapi, Dua Pinjaman, Lima dari BNPB

  • Bagikan

HALOPADANG.ID — Peralatan RS. M Djamil terus dilengkapi untuk menghadapi kemungkinan ledakan penderita Covid di Sumatera Barat. Berbagai upaya dilakukan, mulai dari peminjaman dari rumah sakit terdekat hingga meminta bantuan ke pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Sebelum Idul Fitri, informasi soal kekurangan alat di RSUP M Djamil berupa ventilator diterima oleh Wakil Gubernur Audy Joinaldi. Ia bergerak cepat dan berkoordinasi dengan SPH (Semen Padang Hospital). Hasilnya, ventilator yang merupakan alat bantu nafas itu yang akan diperuntukkan bagi pasien Covid dengan tingkat kerentanan tinggi bisa dipinjam dari SPH.

Wakil Gubernur Audy saat itu menghubungi manejemen PT Semen Padang. Hasilnya, RSUP M Djamil mendapat pinjaman sebanyak 2 unit ventilator dari SPH. Teranyar, RSUP mendapat bantuan alat serupa dari BNPB.

Baca Juga :  Suharman Noerman Punya Visi Spesial Untuk Pimpin IKA Unand

Kepala Bagian Umum dan Organisasi RSUP M. Djamil Padang, Ns Devi Verini SKep MKes mengatakan BNPB mengirimkan 5 ventilator hari Minggu kemarin dan saat ini sedang dalam masa uji coba,” kata Devi Selasa (18/5/2021).

Jika ada pasien positif Covid 19 yang butuh ventilator dengan terpaksa kami rujuk ke RS terdekat dan yang punya ventilator. Seperti BMC, RSUD Padang atau Semen Padang Hospital.

“Nah, kebetulan ventilator di RSUP M Djamil Padang penuh karena banyak digunakan merawat pasien Covid-19 dalam kondisi berat. Selain ventilator, RSUP M Jamil juga dengan menyiapkan ruangan tambahan untuk dijadikan tempat perawatan pasien yang berasal dari daerah yang kondisinya berat dan harus dirawat di sini,”katanya. (HP-002)

  • Bagikan