Bahas Pariwisata, Andre Rosiade Ajak 11 KDH Temui Sandiaga Uno

HALOPADANG.ID – Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Andre Rosiade memboyong 11 kepala daerah (KDH) di Sumbar bertemu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno di Kantor Kemenparekraf, Jakarta, Selasa (13/4/2021). Meningkatkan kualitas pariwisata di Sumbar menjadi topik utama.
11 kepala daerah tersebut antara lain, Wali Kota Bukittinggi Erman Safar, Wali Kota Sawahlunto Deri Asta, Wakil Bupati Tanahdatar Richi Aprian, Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, dan Wali Kota Pariaman Genius Umar. Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, Wakil Wali Kota Padang Panjang Asrul, Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar, Walikota Solok Zul Elfian Umar, Bupati Agam Andri Warman, Bupati Solok diwakili Asisten II Ekbang Kesra Medison, dan Anggota DPRD Provinsi Sumbar Irwan Afriadi.

Baca Juga :  Resmikan Penggunaan 2 BTS di Tanjuang Labuah, Andre Rosiade Targetkan Blankspot di Sijunjung Tuntas

Dalam pertemuan itu, Sandiaga didampingi Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Hary Santosa Sungkari dan Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Event) Riski Handayani Mustafa.

Andre mengatakan, pertemuan 11 kepala daerah dengan Menparekraf adalah bentuk kerja nyata serta kolaborasi bersama untuk membangkitkan pariwisata dan ekonomi kreatif di Sumatera Barat.

“Seperti motto Bang Sandi, kami ingin gercep, gaspol, dan kolaborasi. Setelah Pilkada usai, kami bersama seluruh kepala daerah ingin berkolaborasi membangun Sumbar. Ini adalah gerakan baru bagaimana kita bersama-sama memberi manfaat untuk masyarakat Sumbar,” kata Andre dalam keterangan resminya.

Dalam pertemuan itu, para kepala daerah menyampaikan berbagai potensi wisata dan ekonomi kreatif yang siap dikembangkan untuk menopang perekonomian Sumbar. Diantaranya potensi wisata minat khusus dan sports tourism berbasis laut di Mandeh Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman, penguatan konsep kuliner UKM dan pengembangan kapasitas Geopark Ngarai Sianok di Kota Bukittinggi dan Agam.

Baca Juga :  Andre Rosiade Resmikan Penggunaan BTS di Kamang Bakti Sijunjung

Ada pula potensi desa wisata berbasis Nagari di sejumlah Kota/Kabupaten seperti Kota Padang Panjang, Kota Sawah Lunto, Kabupaten Sijunjung, dan Kabupaten Tanah Datar, potensi Geopark Danau Singkarak hingga potensi wisata sejarah dan budaya di Kota Tambang Sawah Lunto.

“Pada intinya kami ingin ada harmonisasi program dan kebijakan pembangunan antara pusat dan daerah agar terjadi percepatan pembangunan di Sumbar,” terang Andre.

Dalam kesempatan itu, Menparekraf Sandiaga Uno mengakui ada banyak potensi wisata dan ekonomi kreatif di Sumbar yang bisa digarap bersama, salah satunya pengembangan desa wisata.

“Keindahan alam dan keragaman budaya Sumbar adalah anugerah Tuhan yang patut kita syukuri, salah satunya desa wisata. Ke depan kita akan mengandalkan kunjungan wisatawan nusantara sembari fokus vaksinasi di destinasi pariwisata. Semoga vaksinasi di Sumbar bisa terus digenjot,” kata Sandiaga.

Baca Juga :  Kanwil Kemenkumham Sumbar Diganti, Termasuk Kadiv Pemasyarakatannya

Tak hanya keindahan alam dan keragaman budaya, Sandiaga juga melihat kuliner khas Minang sebagai warisan leluhur yang harus dijaga dan dikembangkan.

“Kita bisa fokus pada kekuatan kita di Sumbar yakni kuliner dan desa wisata. Saya titip kepada Pak Andre dan para kepala daerah, digitalisasi. Bagaimana Kabupaten/Kota ini menjadi pemenang di tengah revoluasi digital. Dengan bergandengan tangan kita pasti bisa,” kata Sandiaga. (HP-001)