Setelah Ambroncius Nababan, Giliran Abu Janda Tersangkut Cuitan Diduga Rasisme

  • Bagikan
Tangkapan layar Rocky Gerung Official

HALOPADANG.ID – Dugaan rasisme terhadap eks Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai masih terus berkembang kendati, Ambroncius Nababan sudah ditersangkakan oleh penyidik di Bareskrim Polri. Kasus serupa kini menyasar kepada Permadi Arya alias Abu Janda terkait cuitan yang diduga rasisme. Kali ini, giliran KNPI yang mengadukan hal ini ke polisi.

Menurut pelapor, dalam akun Twitternya @permadiaktivis1, Abu Janda menyinggung Natalius Pigai yang mengomentari kapasitas mantan Kepala BIN Hendropriyono dalam sebuah berita berjudul ‘Pigai ke Jenderal Hendropriyono: Apa Kapasitas Bapak di Negeri Ini’. Abu Janda kemudian memaparkan sejumlah jabatan yang pernah diduduki Hendropriyono.

Abu Janda lantas mempertanyakan balik kapasitas Pigai. Dia kemudian mempertanyakan hal yang dinilai KNPI sebagai sebuah ujaran diduga rasisme yakni pertanyaan soal apakah Pigai sudah selesai berevolusi.

Baca Juga :  Kedua Orang Tua Meninggal Terpapar Corona, Bocah 10 Tahun Terpaksa Isolasi Mandiri Seorang Diri di Rumah

Kapasitas Jenderal Hendropriyono: Mantan Kepala BIN, Mantan Direktur Bais, Mantan Menteri Transmigrasi, Profesor Filsafat Ilmu Intelijen, Berjasa di Berbagai Operasi militer. Kau @NataliusPigai2 apa kapasitas kau? Sudah selesai evolusi belum kau?,” cuit Abu Janda.

Cuitan tersebut diunggah pada Sabtu (2/1), namun saat ini cuitan tersebut sudah tidak terlihat lagi. Screenshot cuitan tersebut sudah menyebar di media sosial.

Laporan tersebut bernomor: LP/B/0052/I/2021/Bareskrim pada Kamis 28 Januari 2021. Abu Janda dilaporkan atas dugaan melanggar Pasal 45 ayat (3) Jo pasal 27 ayat (3) dan/atau pasal 45 A ayat (2) Jo pasal 25 ayat (2) dan/atau Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Kebencian atau Permusuhan Individu dan/atau Antar Golongan (SARA), Pasal 310 dan/atau pasal 311 KUHP.

Baca Juga :  Kedua Orang Tua Meninggal Terpapar Corona, Bocah 10 Tahun Terpaksa Isolasi Mandiri Seorang Diri di Rumah

“Telah diterima laporan kami secara kooperatif dari pihak polisi, sudah kami tunjukkan bukti-buktinya. Bahwa kami telah melaporkan akun Twitter @permadiaktivis1 yang diduga dimiliki saudara Permadi alias Abu Janda. Yang kami laporkan adalah dugaan adanya ujaran kebencian dengan memakai sara dalam tweet nya tanggal 2 Januari tahun 2021 yang menyebut kau @nataliusoigai2 apa kapasitas kau, sudah selesai evolusi kau,” kata Ketua bidang Hukum KNPI, Medya Riszha Lubis di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (28/1/2021) yang dilansir detik.com.

  • Bagikan