Kompetisi AFC U-16 dan AFC U-19 Dibatalkan Konfederasi, PSSI Pasrah

HALOPADANG.ID — Kepastian itu diterima PSSI melalui surat resmi. Dalam surat tersebut dterangkan keputusan resmi (Asian Football Confederation – AFC) diambil melalui rapat Komite.

Komite AFC membatalkan kompetisi akibat pandemi Covid-19 dan memutuskan jadwal penyelenggaraan kompetisi baru, baik kompetisi secara keseluruhan termasuk sepak bola wanita, futsal dan sepak bola pantai.

Meski belum menentukan tanggal pasti, penyelenggaraan kedua kompetisi pun akan digelar pada 2023 dengan nama kompetisi yang baru, yakni AFC U-20 Asian Cup 2023 dan AFC U-17 Asian Cup 2023 dengan hak tuan rumah diberikan kepada Uzbekistan dan Bahrain. Kedua negara tersebut, merupakan tuan rumah penyelenggara pada kompetisi yang tertunda pada 2019.

Penetapan jadwal kompetisi dan format baru juga berlaku untuk kompetisi AFC Champions League (ACL) musim 2021. Adapun babak Pre-Eliminary akan mulai digelar di zona Asia Timur pada 7 April 2021 dan babak Play Off zona Asia Barat, di mana penyelenggaraan babak grup akan dilaksanakan dengan format sentralisasi.

Penentuan tuan rumah akan dilakukan dalam proses bidding. Undangan untuk melakukan hal itu, akan dikirimkan secara sirkular kepada anggota/negara yang berpartisipasi pada 27 Januari 2021, setelah pembagian skema grup selesai.

“Kita hormati keputusan ini. PSSI akan tunduk dan patuh terhadap apapun keputusan dari AFC. Penundaan ini membuat kita punya waktu yang panjang untuk mempersiapkan Tim U-16 dan U-19,” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan di laman resmi pssi org, Jumat malam (15/1). (HP-002)