Ikuti

Buat Aduan Masalah Infrastruktur, Masyarakat Payakumbuh Kini Bisa Gunakan Aplikasi SINGATUR

Kepala Dinas PUPR Kota Payakumbuh, Muslim

HALOPADANG.ID — Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) memberikan ruang bagi masyarakat yang ingin mengadu terkait infrastruktur melalui aplikasi berbasis web.

Kepala Dinas PUPR Kota Payakumbuh, Muslim di Payakumbuh, Rabu (15/7/2020) mengatakan inovasi baru dalam pelayanan berbasis digital untuk masyarakat bernama Sistem Informasi Pengaduan Infrastruktur (SINGATUR).

“Ini adalah aplikasi pengaduan infrastruktur yang dapat diakses oleh masyarakat melalui situs pengaduanpupr.payakumbuhkota.go.id yang mulai digarap pada awal tahun 2020 dan diluncurkan pada pertengahan Mei 2020,” jelas dia.

Ia menyebutkan dengan adanya aplikasi ini diharapkan mampu menyerap aspirasi dan laporan warga terkait permasalahan infrastruktur yang ada. Sehingga nantinya juga berdampak kepada arah pembangunan dan tentunya kepuasan masyarakat.

Beberapa yang dapat diadukan melalui sistem pengaduan tersebut, seperti air minum, drainase, irigasi, sungai, jalan, jembatan, jalan lingkung, kategori cipta karya (jalan perumahan dan bangunan) leges gambar, legalisasi aset tanah pemko, pengendalian dan pengawasan bangunan, pengujian bahan material, hingga pengujian mutu, lampu jalan, advice planning dan perizinan IMB.

“Tentunya, dalam menyiapkan sistem aplikasi berbasis web ini. Dinas PUPR dibantu oleh Dinas Kominfo,” kata dia

Cara dalam mengadukan permasalahan infrastruktur dalam aplikasi ini, tambah dia yang pertama dengan mengakses situs pengaduanpupr.payakumbuhkota.go.id melalui browser di gawai atau komputer.

Selanjutnya, pelapor akan diarahkan untuk mengisi deskripsi laporan dan untuk diminta mendaftarkan akun dirinya dengan menyertakan e-mail dan data diri.

“Penggunaan aplikasi ini tidak sulit, karena setiap kolomnya sudah disediakan keterangan yang akan memandu pelapor. Untuk mendukung pengaduan dari masyarakat, dapat mencantumkan file pendukung seperti gambar, word atau PDF ke aplikasi,” jelas dia.

Apabila nantinya masih ada yang dilaporkan, masyarakat bisa masuk kembali menggunakan akun yang telah dibuat sebelumnya.

Ia menyebutkan berdasarkan kategori pengaduan yang disediakan dalam aplikasi ini nantinya masing-masing bidang di Dinas PUPR akan menindaklanjuti laporan yang masuk. Setelah itu, setiap aksi yang dilakukan dinas atas laporan tersebut akan dikirimkan umpan balik ke aplikasi SINGATUR serta e-mail pelapor.

Exit mobile version
situs toto situs toto barbartoto barbartoto